29 Jul 2020

SISTEM REM HIDROLIK (Bagian ke - II)

Bagian ke - I Sistem Rem Hidrolik

7. Brake pad



Sumber gambar : Yamaha Tehnical Academy


    ·         Brake pad menekan brake lining, yang membuat gesekan material langsung ke disc brake, dan menghasilkan gaya pengereman.

    Alur pada Friction Material berfungsi

    ·         Mengikis lapisan air ketika sepeda motor yang dikendarai dalam kondisi basah

    ·         Menghilangkan debu pada rem

    ·         Mengurangi kebisingan dengan mendistribusikan getaran.


 

8. Disc Brake

    ·         Bahan disc brake terbuat dari stainles steel.

    ·         Disc brake dapat rusak / deformasi karena kenaikan suhu saat pengereman

    ·         Khusus sepeda motor super sport yang sering melakukan pengereman pada kecepatan tinggi, penggunaan disc brake jenis floatingdapat mengurangi efek deformasi.

    ·         Disc brake jenis floating dipasang menggunakan conical washer

Disc brake type sport / super sport (floating)

Sumber gambar : https://www.wiggle.com/hope-v2-floating-disc-brake-rotor

 

8.1. Bentuk disc brake

        ·         Bentuk disc brake dipilih sesuai dengan fungsi dan jenis yang diperlukan.

        ·         Lubang ditambahkan untuk menghilangkan air dan debu pada disc brake, serta untuk mengurangi berat disc brake.

        ·         Sepeda motor tipe off-road pada disc brake-nya memiliki pinggiran / sisi bergelombang untuk mencegah terkumpulnya lumpur.

Disc brake off road

Sumber gambar : https://en.clipdealer.com/photo/media/A:91138337

 

9. Brake hose & Union bolt

    9.1 Brake Hose

        ·         Flexible pressure – resistant hose digunakan untuk mengalirkan tekanan hidrolik dari master cylinder ke caliper

        ·         Rubber digunakan untuk material brake hose, kualitas dari brake hose menurun setelah penggunaan dalam waktu lama, yang terpapar sinar matahari dan ozon.

        ·         Brake hose perlu diganti sesuai jangka waktu yang dijelaskan di buku pedoman service.



Gambar brake hose & union bolt sepeda motor

Sumber gambar : https://otomotifnet.gridoto.com/read/231165714/fakta-selang-rem-racing-bikin-lebih-pakem-kuncinya-ada-di-bahan-dasar-

    9.2 Union Bolt

        ·         Union bolt digunakan untuk menghubungkan brake hose dengan master cylinder dan caliper

        ·         Gasket yang digunakan pada brake hose dipasang berdampingan dengan terhubung kuat satu sama lain untuk mencegah kebocoran minyak rem.

 

10. Minyak Rem

        ·         Syarat minyak rem :

ü  Tidak merusak karet.

ü  Memiliki titik didih yang tinggi.

ü  Tidak bersifat korosi terhadap parts.

ü  Memiliki viskositas yang stabil pada temperatur tinggi.

Jangan dicampur

        ·         Sifat dan karakteristik minyak rem :

v  Merusak cat dan pastik.

v  Mudah mengikat air (high hygroscopic).

v  Jangan dicampur dengan tipe lain.

Jangan sampai tumpah mengenai parts saat menuang.

 

    10.1. Standarisasi minyak rem

     Untuk minyak rem, standar yang banyak digunakan adalah DOT

        v  DOT : Depertmen of Transportation (USA)

        v  Ketika digunakan, minyak rem menyerap uap lembap dan titik didihnya menurun.

        v  Minyak rem harus diganti dengan jangka waktu yang dijelaskan di service manual

 

11. Vapour Lock

    o   Adalah fenomena timbulnya gelembung didih pada minyak rem, akibat dari panas yang berlebihan dari disc pad yang ditransfer ke minyak rem.

    o   Meskipun brake lever ditarik, gelembung tersebut juga dapat tertekan, sehingga kerja brake lever kelihatannya ringan, tetapi efektifitas pengereman buruk.

Vapour lock pada sistem rem hidrolik


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL PBSM KELAS 12 TBSM (MS.EXCEL)

klik tautan untuk mengunduh soal PBSM dalam format ms excel disini