Soal Pilihan Ganda
BAGIAN I
1.
Jika hanya digunakan gulungan
per (pegas), goncangan jalan akan lebih keras dan tidak akan berhenti berayun.
Maka diperlukan?
a.
Dummper Rod
b.
Return Spring
c.
Orifice Hole
d.
Shock Absorber
e.
Sistem Suspensi
2.
Oil seal clip, Inner &
outer tube, Fork Spring. Merupakan beberapa komponen pada…
a.
Suspensi depan Jenis Bottom
Link
b.
Suspensi depan jenis Teleskopik
c.
Suspensi Belakang Mono Shock
d.
Rangka Jenis Swing arm
e.
Suspense depan tipe Trailing
Link
3.
Pada mekanisme shock absorber,
apa yang terjadi jika kecepatan piston sama lubang aliran (orifice) besar dan
kecil?
a.
Diameter orifice besar efek
peredaman kecil, dan pada diameter orifice kecil efek peredaman besar
b.
Diameter orifice besar efek
peredaman kecil, dan pada diameter orifice kecil efek peredaman kecil
c.
Diameter orifice besar efek
peredaman besar, dan pada diameter orifice kecil efek peredaman besar
d.
Diameter orifice besar efek
peredaman besar, dan pada diameter orifice kecil efek peredaman kecil
e.
Diameter orifice besar efek
peredaman kecil, dan pada diameter orifice kecil efek peredaman sedang
4.
Apa yang terjadi jika diameter
aliran (orifice) sama, tetapi kecepatannya berbeda?
a.
Kecepatan tinggi efek peredaman
lemah, kecepatan rendah efek peredaman kuat
b.
Kecepatan tinggi efek peredaman
besar, kecepatan rendah efek peredaman besar
c.
Kecepatan tinggi efek peredaman
sedang, kecepatan rendah efek peredaman tinggi
d.
Kecepatan tinggi efek peredaman
kecil, kecepatan rendah efek peredaman besar
e.
Kecepatan tinggi efek peredaman
besar, kecepatan rendah efek peredaman kecil
5.
Berikut, merupakan bagian dari sistem Suspensi, Kecuali…
a.
Up Side Down, Trailing Link,
Botom Link, Teleskopik
b.
Return Spring, Fornt fork Cap
Bolt, fork Spring
c.
Dummper rod, Dust Seal, Oil
seal Clip
d.
Sheave Holder, Primary Sheave,
Rotor Holding
e.
Outer & Inner Tube, Front
Fork, Leading link
6.
Yang merupakan tipe suspensi
belakang dari beberapa komponen dibawah ini adalah…
a.
Bottom link, leading link tipe
b.
Bottom link, trailing link tipe
c.
Teleskopik, up side down tipe
d.
Link tipe monocross, swing arm
e.
Caster, Trail tipe
7.
Shock Absorber belakang
dibedakan berdasarkan konstruksinya. kecuali
a.
Inverted single cylinder one
way type
b.
Erected Double Cylinder one way
type
c.
Ekspansion Stroke and
Compression Stroke
d.
Single cylinder one way
e.
Erected Single
8.
A. Luruskan stang
stir, periksa kelurusan antara roda depan
dan belakang
B. Apabila roda
depan dan belakang tidak
segaris, periksa posisi chain adjuster dari ketepatan posisinya antara sisi kiri dan
kanan.
C. Apabila roda
depan dan belakang
terlihat miring ke satu arah,
lakukan pemeriksaan pada bagian-bagian swing arm ataupun suspensi
depan dari kebengkokan/rangka yang terpuntir.
Langkah diatas
merupakan prosedur pemeriksaan
a. Kebocoran peredam kejut
b. Memeriksa suspensi depan (teleskopik)
c. Memeriksa kelurusan
geometri roda
d. Memeriksa keadaan pegas suspensi
e. Melakukan pembongkaran komponen suspensi depan
9.
Berdasarkan
Bahan/Material, Frame dibedakan menjadi beberapa macam diantaranya…
a. Diamond frame, sheave holder, single cradle
b. Double cradle, holding tool, steel tube
c. Diamond frame, backbone frame, steel tubular
d. T-bone frame, under-bone, square pipe frame
e. Steel tube, steel plate frame, Aluminium alloy
10.
Stabilitas dan
kemampuan bermanufer sepeda motor berubungan dengan kesejajaran roda depan,
poros roda, pembagian titik berat, center titik berat, tipe dan kemampuan
suspensi. Tapi faktor yang penting adalah posisi roda depan yang dimaksud
caster dan trail. Apa yang dimaksud caster?
a. Sudut yang terbentuk dari pertemuan garis sumbu pipa
steering head dan garis tegak lurus yang memotong as roda depan
b. Jarak antara pertemuan garis vertical melalui pusat as roda
depan dengan tanah dan pertemuan garis melalui pipa steering head dengan tanah
c. Sepeda motor untuk berjalan lurus pada kecepatan tinggi
lebih baik
d. Karakter yang diperlukan oleh sepeda motor dan suspensinya
e. Kecepatan rendah, stabilitas, dan gerakan sepeda motor
kurang lincah
11.
Jarak antara
pertemuan garis vertical melalui pusat as roda depan dengan tanah dan pertemuan
garis melalui pipa steering head dengan tanah. Merupakan pengertian?
a. Caster
b. Trail
c. Caster & Trail
d. Steering Head
e. Center titik berat
12.
Berikut ini merupakan
komponen pada system rem diantaranya, kecuali..
a. Brake pad, Disk brake, Caliper
b. Drum brake, Brake Shoes, Brake cam
c. Two Leading shoes, single leading shoes
d. Rim, Straight pin, wheel hub, dumper rubber
e. Backing plate, anchor pin, return spring, brake drum
13.
Pada jenis drum
brake, dibagi menjadi beberapa tipe antara lain..
a. Single action & double action
b. Leading trailing & two leading
c. Mono tube & double tube
d. Inner tube & outer tube
e. Caster & trail
14.
Kejadian ini dapat
terjadi jika terjadi panas yag berlebuhan yang disebabkan karena gesekan terus
menerus antara sepatu rem dan tromol sehingga kadang-kadang kemampuan
pengereman akan hilang. Merupakan pengertian?
a. Fading
b. Orifice
c. Anti locking Brake Sistem
d. Shock Absorber
e. Leading Trailing
15.
Berikut merupakan
beberapa keistimewaan pada system rem jenis Disk Brake, Kecuali
a. Karena dalam posisi terbuka, maka panas akan mudah hilang
dengan cepat
b. Tidak akan menimbulkan self emerging (tekanan sendiri)
c. Tidak ada perbedaan tekanan
d. Kendaraan tidak akan terbalik pada saat dilakukan pengereman
secara tiba-tiba
e. Jika piringan dalam kondisi basah, maka air akan dengan
mudah terpercik keluar
16.
Pada saat
melaksanakan pemeriksaan pada system rem jenis Drum brake, maka komponen yang
diperiksa dan dilakukan pengukuran antara lain?
a. Diameter dalam tromol rem dan ketebalan kanvas rem
b. Ketebalan disk brake dan oil seal
c. Diameter luar tromol dan anchor pin
d. Brake cam dan brake caliper
e. Jarak bebas tuas rem dan lubang pembuangan udara
17.
Dari sebagian
komponen dibawah, manakah yang termasuk dari komponen system rem jenis Disk
brake…
a. Wheel Hub, Rim cast wheel, Tyre
b. Inner outer tube, Return Spring, Dummper rod
c. Master Cylinder, Brake caliper, Brake pad
d. Pipe tube frame, aluminium alloy, square pipe frame
e. Anchor pin, Brake cam, double leading
18.
Handle rem terasa
kenyal saat ditarik pada jenis rem piringan, saah satu trouble shooting
tersebut disebabkan oleh?
a. Inner Tube mengalami kerusakan pada permukaannya
b. Ada udara palsu didalam system
c. Terjadi kebocoran pada oil seal yang terdapat pada outer
tube
d. Tekanan angin berlebihan
e. Letak geomteris sumbu tidak lurus
19.
A. Kendorkan dan
lepaskan baut serta as roda, lepas roda dengan menggunakan kaki sebagai
tumpuan
B. Lepaskan Backing plate yang menempel
pada wheel hub dan lepas return spring serta brake
shoes
C. kendorkan dan lepaskan baut pengunci
backing plate dan baud penyetel tuas rem.
D. Lakukan Pengukuran diameter dalam
tromol dan ketebalaan brake shoes, jika sudah melewati
batas limit (Lihat Buku Manual
Petunjuk) maka ganti komponen tersebut
E. Bersihkan Semua komponen drum brake
tersebut menggunakan udara yang bertekanan (hati-
hati karena terdapat serpihan kotoran
dari gesekan brake shoes)
urutan prosedur pembongkaran dan
pemeriksaan rem tromol yang benar adalah
a. E-D-B-A-C
b. C-A-D-B-E
c. D-B-C-A-E
d. C-A-B-E-D
e. C-A-B-D-E
20.
Penerus tenaga mesin
yang disalurkan oleh transmisi keroda belakang, merupakan fungsi..
a.
Wheel
b.
Tyre
c.
Rim
d.
Wheel Chain
e.
Wheel hub
21.
Master Link dan Endless,
keduanya merupakan Jenis dari…
a.
Wheel
b.
Tyre
c.
Rim
d.
Wheel Chain
e.
Wheel hub
22.
Berfungsi sebagai
penopang Tyre pada axle (poros roda/as) dan sebagai dudukan sprocket rantai
maupun system rem. Merupakan fungsi dari..
a.
Wheel
b.
Tyre
c.
Rim
d.
Wheel Chain
e.
Wheel hub
23.
Menurut Konstruksinya
rantai roda dapat dibagi menjadi dua, yaitu :
a.
Inner Tube &
outer tube
b.
Master Link &
Endless
c.
Single leading &
double leading
d.
Front sprocket &
rear sprocket
e.
Straight pin &
Shoulder pin
24.
Desain roda/pelek
tergantung dari tipe struktur, material dan metode pembuatan roda dari pabrik,
yaitu:
a.
Wire spoke wheel,
cast alloy wheel
b.
Delta box, Alumunium
Alloy
c.
Straight pin &
Shoulder pin
d.
Cast alloy wheel
& Primary sheave holder
e.
Rotor Holding tool
& Fixed tool
25.
lapisan karet luar
yang melindungi carcass terhadap keausan dan kerusakan yang disebabkan oleh
permukaan jalan. Ini adalah bagian yang langsung berhubungan dengan permukaan
jalan dan menghasilkan tahanan gesek yang memindahkan gaya gerak dan gaya
pengereman kendaraan ke permukaan jalan. Adalah..
a.
Thread
b.
Wheel hub
c.
Axle rod
d.
Sidewall
e.
Bead
26.
Klasifikasi ban
menurut caranya menyimpan udara adalah:
a.
Pola rib & Pola
Lug
b.
Pola Block & pola
rib
c.
Carcass &
sidewall
d.
Tube type &
tubeless type
e.
Leading type &
trailink type
27.
Keuntungan pemakaian ban tubelles adalah
a. Ban tidak bisa bocor
b. Ban bila bocor tidak langsung habis
c. Cocok dengan pelek tipe jari-jari
d. Tidak bisa ditambal
e. Semua jawaban benar
28.
Ban yang menggunakan
ban dalam masuk kedalam jenis
a.
Tubeless type
b.
Top tube
c.
Tube type
d.
Bottom link
e.
Teleskopik
29.
Berikut merupakan
beberapa pola thread pada sepeda motor, diantaranya:
a.
Rib, Rim, Wheel hub
b.
Block, Lug, Rib
c.
Lug, carcass,
sidewall
d.
Bead, sidewall,
thread
e.
Tube, tubeless, rim
30.
Kode ban : 4.60 – H – 18 4PR merupakan:
a. Ukuran dari lebar ban, kode kecepatan, diameter pelek, tanda
indikasi jumlah lapisan dan kekuatan ban.
b. Ukuran dari lebar ban, diameter pelek, tanda indikasi jumlah
lapisan dan kekuatan ban, kode kecepatan
c. Indikasi jumlah lapisan Karkas & garis pelek
d. Kode pabrik pembuatan ban
e. Kode pemantas agar tampilan ban menarik
31.
4.60 – H – 18 4PR.
lebar dari ban ditunjukan oleh:
a. 4.60
b. H
c. 18
d. 4
e. PR
32.
Batas kecepatan
maksimum yang diijinkan pada Tyre/ban sepeda motor dengan tanda H adalah
a. 100 km/h
b. 140 km/h
c. 180 km/h
d. 210 km/h
e. >210 km/h
33.
Kendaraan tidak dapat
segera berhenti walaupun katup gas ditutup penuh dan mesin tidak lagi
dihubungkan dengan pemindah daya, akan tetapi mempunyai kecenderungan untuk
tetap bergerak karena gaya kelembamannya. Maka diperlukan..
a. Suspension system
b. Brake system
c. Continously variable transmision
d. Self energizing force
e. Fadding
34.
Pada sepeda motor
dengan transmisi manual, daya dari mesin diteruskan pada roda menggunakan wheel
chain. Sedangkan pada transmisi otomatis digunakan v-belt untuk menghubungkan…
a. Front sprocket & rear sprocket
b. Secondary sliding sheave & CVT spring
c. Primary sheave & Secondary sheave
d. Primary fixed sheave & primary sliding sheave
e. Clutch harrier & clutch housing
35.
Kelebihan utama pada
sepeda motor yang menggunakan system pemindah tenaga otomatis diantaranya,
kecuali..
a. Memberikan perubahan kecepatan dan perubahan torsi dari
mesin keroda belakang secara otomatis
b. Perbandingan ratio yang sangat tepat
c. Dengan sendirinya tidak terjadi hentakan yang biasa timbul
pada pemindahan gigi pada mesin konvensional
d. Pada saat berhenti mendadak kendaraan cenderung menukik
kedepan karena gaya kelembaman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar