24 Nov 2020

SOAL PEMELIHARAAN SASIS SEPEDA MOTOR (PSSM) BAGIAN I

 Soal Pilihan Ganda

BAGIAN I

1.       Jika hanya digunakan gulungan per (pegas), goncangan jalan akan lebih keras dan tidak akan berhenti berayun. Maka diperlukan?

a.       Dummper Rod

b.      Return Spring

c.       Orifice Hole

d.      Shock Absorber

e.      Sistem Suspensi

 

2.       Oil seal clip, Inner & outer tube, Fork Spring. Merupakan beberapa komponen pada…

a.       Suspensi depan Jenis Bottom Link

b.      Suspensi depan jenis Teleskopik

c.       Suspensi Belakang Mono Shock

d.      Rangka Jenis Swing arm

e.      Suspense depan tipe Trailing Link

 

3.       Pada mekanisme shock absorber, apa yang terjadi jika kecepatan piston sama lubang aliran (orifice) besar dan kecil?

a.       Diameter orifice besar efek peredaman kecil, dan pada diameter orifice kecil efek peredaman besar

b.      Diameter orifice besar efek peredaman kecil, dan pada diameter orifice kecil efek peredaman kecil

c.       Diameter orifice besar efek peredaman besar, dan pada diameter orifice kecil efek peredaman besar

d.      Diameter orifice besar efek peredaman besar, dan pada diameter orifice kecil efek peredaman kecil

e.      Diameter orifice besar efek peredaman kecil, dan pada diameter orifice kecil efek peredaman sedang

 

4.       Apa yang terjadi jika diameter aliran (orifice) sama, tetapi kecepatannya berbeda?

a.       Kecepatan tinggi efek peredaman lemah, kecepatan rendah efek peredaman kuat

b.      Kecepatan tinggi efek peredaman besar, kecepatan rendah efek peredaman besar

c.       Kecepatan tinggi efek peredaman sedang, kecepatan rendah efek peredaman tinggi

d.      Kecepatan tinggi efek peredaman kecil, kecepatan rendah efek peredaman besar

e.      Kecepatan tinggi efek peredaman besar, kecepatan rendah efek peredaman kecil

 

5.       Berikut, merupakan  bagian dari sistem Suspensi, Kecuali…

a.       Up Side Down, Trailing Link, Botom Link, Teleskopik

b.      Return Spring, Fornt fork Cap Bolt, fork Spring

c.       Dummper rod, Dust Seal, Oil seal Clip

d.      Sheave Holder, Primary Sheave, Rotor Holding

e.      Outer & Inner Tube, Front Fork, Leading link

 

6.       Yang merupakan tipe suspensi belakang dari beberapa komponen dibawah ini adalah…

a.       Bottom link,  leading link tipe

b.      Bottom link, trailing link tipe

c.       Teleskopik, up side down tipe

d.      Link tipe monocross, swing arm

e.      Caster, Trail tipe

 

7.       Shock Absorber belakang dibedakan berdasarkan konstruksinya. kecuali

a.       Inverted single cylinder one way type

b.      Erected Double Cylinder one way type

c.       Ekspansion Stroke and Compression Stroke

d.      Single cylinder one way

e.      Erected Single

 

8.       A. Luruskan  stang  stir,  periksa  kelurusan antara roda  depan  dan belakang

B. Apabila roda  depan  dan belakang  tidak  segaris,  periksa  posisi chain adjuster dari       ketepatan posisinya antara sisi kiri dan kanan.

C. Apabila  roda  depan  dan  belakang  terlihat miring ke satu arah,  lakukan  pemeriksaan  pada bagian-bagian swing arm ataupun suspensi depan dari kebengkokan/rangka yang terpuntir.

Langkah diatas merupakan prosedur pemeriksaan

a.       Kebocoran peredam kejut

b.      Memeriksa suspensi depan (teleskopik)

c.       Memeriksa kelurusan geometri roda

d.      Memeriksa keadaan pegas suspensi

e.      Melakukan pembongkaran komponen suspensi depan

 

9.       Berdasarkan Bahan/Material, Frame dibedakan menjadi beberapa macam diantaranya…

a.       Diamond frame, sheave holder, single cradle

b.      Double cradle, holding tool, steel tube

c.       Diamond frame, backbone frame, steel tubular

d.      T-bone frame, under-bone, square pipe frame

e.      Steel tube, steel plate frame, Aluminium alloy

 

10.   Stabilitas dan kemampuan bermanufer sepeda motor berubungan dengan kesejajaran roda depan, poros roda, pembagian titik berat, center titik berat, tipe dan kemampuan suspensi. Tapi faktor yang penting adalah posisi roda depan yang dimaksud caster dan trail. Apa yang dimaksud caster?

a.       Sudut yang terbentuk dari pertemuan garis sumbu pipa steering head dan garis tegak lurus yang memotong as roda depan

b.      Jarak antara pertemuan garis vertical melalui pusat as roda depan dengan tanah dan pertemuan garis melalui pipa steering head dengan tanah

c.       Sepeda motor untuk berjalan lurus pada kecepatan tinggi lebih baik

d.      Karakter yang diperlukan oleh sepeda motor dan suspensinya

e.      Kecepatan rendah, stabilitas, dan gerakan sepeda motor kurang lincah

 

11.   Jarak antara pertemuan garis vertical melalui pusat as roda depan dengan tanah dan pertemuan garis melalui pipa steering head dengan tanah. Merupakan pengertian?

a.       Caster

b.      Trail

c.       Caster & Trail

d.      Steering Head

e.      Center titik berat

 

12.   Berikut ini merupakan komponen pada system rem diantaranya, kecuali..

a.       Brake pad, Disk brake, Caliper

b.      Drum brake, Brake Shoes, Brake cam

c.       Two Leading shoes, single leading shoes

d.      Rim, Straight pin, wheel hub, dumper rubber

e.      Backing plate, anchor pin, return spring, brake drum

 

13.   Pada jenis drum brake, dibagi menjadi beberapa tipe antara lain..

a.       Single action & double action

b.      Leading trailing & two leading

c.       Mono tube & double tube

d.      Inner tube & outer tube

e.      Caster & trail

 

14.   Kejadian ini dapat terjadi jika terjadi panas yag berlebuhan yang disebabkan karena gesekan terus menerus antara sepatu rem dan tromol sehingga kadang-kadang kemampuan pengereman akan hilang. Merupakan pengertian?

a.       Fading

b.      Orifice

c.       Anti locking Brake Sistem

d.      Shock Absorber

e.      Leading Trailing

 

15.   Berikut merupakan beberapa keistimewaan pada system rem jenis Disk Brake, Kecuali

a.       Karena dalam posisi terbuka, maka panas akan mudah hilang dengan cepat

b.      Tidak akan menimbulkan self emerging (tekanan sendiri)

c.       Tidak ada perbedaan tekanan

d.      Kendaraan tidak akan terbalik pada saat dilakukan pengereman secara tiba-tiba

e.      Jika piringan dalam kondisi basah, maka air akan dengan mudah terpercik keluar

 

16.   Pada saat melaksanakan pemeriksaan pada system rem jenis Drum brake, maka komponen yang diperiksa dan dilakukan pengukuran antara lain?

a.       Diameter dalam tromol rem dan ketebalan kanvas rem

b.      Ketebalan disk brake dan oil seal

c.       Diameter luar tromol dan anchor pin

d.      Brake cam dan brake caliper

e.      Jarak bebas tuas rem dan lubang pembuangan udara

 

17.   Dari sebagian komponen dibawah, manakah yang termasuk dari komponen system rem jenis Disk brake…

a.       Wheel Hub, Rim cast wheel, Tyre

b.      Inner outer tube, Return Spring, Dummper rod

c.       Master Cylinder, Brake caliper, Brake pad

d.      Pipe tube frame, aluminium alloy, square pipe frame

e.      Anchor pin, Brake cam, double leading

 

18.   Handle rem terasa kenyal saat ditarik pada jenis rem piringan, saah satu trouble shooting tersebut disebabkan oleh?

a.       Inner Tube mengalami kerusakan pada permukaannya

b.      Ada udara palsu didalam system

c.       Terjadi kebocoran pada oil seal yang terdapat pada outer tube

d.      Tekanan angin berlebihan

e.      Letak geomteris sumbu tidak lurus

 

19.   A. Kendorkan dan lepaskan baut serta as roda, lepas roda dengan menggunakan kaki sebagai

tumpuan

B. Lepaskan Backing plate yang menempel pada wheel hub dan lepas return spring serta brake

shoes

C. kendorkan dan lepaskan baut pengunci backing plate dan baud penyetel tuas rem.

D. Lakukan Pengukuran diameter dalam tromol dan ketebalaan brake shoes, jika sudah melewati

batas limit (Lihat Buku Manual Petunjuk) maka ganti komponen tersebut

E. Bersihkan Semua komponen drum brake tersebut menggunakan udara yang bertekanan (hati-

hati karena terdapat serpihan kotoran dari gesekan brake shoes)

 

urutan prosedur pembongkaran dan pemeriksaan rem tromol yang benar adalah

a.       E-D-B-A-C

b.      C-A-D-B-E

c.       D-B-C-A-E

d.      C-A-B-E-D

e.      C-A-B-D-E

 

20.   Penerus tenaga mesin yang disalurkan oleh transmisi keroda belakang, merupakan fungsi..

a.       Wheel

b.      Tyre

c.       Rim

d.      Wheel Chain

e.      Wheel hub

 

21.   Master Link dan Endless, keduanya merupakan Jenis dari…

a.       Wheel

b.      Tyre

c.       Rim

d.      Wheel Chain

e.      Wheel hub

 

22.   Berfungsi sebagai penopang Tyre pada axle (poros roda/as) dan sebagai dudukan sprocket rantai maupun system rem. Merupakan fungsi dari..

a.       Wheel

b.      Tyre

c.       Rim

d.      Wheel Chain

e.      Wheel hub

 

23.   Menurut Konstruksinya rantai roda dapat dibagi menjadi dua, yaitu :

a.       Inner Tube & outer tube

b.      Master Link & Endless

c.       Single leading & double leading

d.      Front sprocket & rear sprocket

e.      Straight pin & Shoulder pin

 

24.   Desain roda/pelek tergantung dari tipe struktur, material dan metode pembuatan roda dari pabrik, yaitu:

a.       Wire spoke wheel, cast alloy wheel

b.      Delta box, Alumunium Alloy

c.       Straight pin & Shoulder pin

d.      Cast alloy wheel & Primary sheave holder

e.      Rotor Holding tool & Fixed tool

 

25.   lapisan karet luar yang melindungi carcass terhadap keausan dan kerusakan yang disebabkan oleh permukaan jalan. Ini adalah bagian yang langsung berhubungan dengan permukaan jalan dan menghasilkan tahanan gesek yang memindahkan gaya gerak dan gaya pengereman kendaraan ke permukaan jalan. Adalah..

a.       Thread

b.      Wheel hub

c.       Axle rod

d.      Sidewall

e.      Bead

 

26.   Klasifikasi ban menurut caranya menyimpan udara adalah:

a.       Pola rib & Pola Lug

b.      Pola Block & pola rib

c.       Carcass & sidewall

d.      Tube type & tubeless type

e.      Leading type & trailink type

 

27.   Keuntungan pemakaian ban tubelles adalah

a. Ban tidak bisa bocor

b. Ban bila bocor tidak langsung habis

c. Cocok dengan pelek tipe jari-jari

d. Tidak bisa ditambal

e. Semua jawaban benar

 

28.   Ban yang menggunakan ban dalam masuk kedalam jenis

a.       Tubeless type

b.      Top tube

c.       Tube type

d.      Bottom link

e.      Teleskopik

 

29.   Berikut merupakan beberapa pola thread pada sepeda motor, diantaranya:

a.       Rib, Rim, Wheel hub

b.      Block, Lug, Rib

c.       Lug, carcass, sidewall

d.      Bead, sidewall, thread

e.      Tube, tubeless, rim

 

30.   Kode ban : 4.60 – H – 18 4PR merupakan:

a.       Ukuran dari lebar ban, kode kecepatan, diameter pelek, tanda indikasi jumlah lapisan dan kekuatan ban.

b.      Ukuran dari lebar ban, diameter pelek, tanda indikasi jumlah lapisan dan kekuatan ban, kode kecepatan

c.       Indikasi jumlah lapisan Karkas & garis pelek

d.      Kode pabrik pembuatan ban

e.      Kode pemantas agar tampilan ban menarik

 

31.   4.60 – H – 18 4PR. lebar dari ban ditunjukan oleh:

a.       4.60

b.      H

c.       18

d.      4

e.      PR

 

32.   Batas kecepatan maksimum yang diijinkan pada Tyre/ban sepeda motor dengan tanda H adalah

a.       100 km/h

b.      140 km/h

c.       180 km/h

d.      210 km/h

e.      >210 km/h

 

33.   Kendaraan tidak dapat segera berhenti walaupun katup gas ditutup penuh dan mesin tidak lagi dihubungkan dengan pemindah daya, akan tetapi mempunyai kecenderungan untuk tetap bergerak karena gaya kelembamannya. Maka diperlukan..

a.       Suspension system

b.      Brake system

c.       Continously variable transmision

d.      Self energizing force

e.      Fadding

 

34.   Pada sepeda motor dengan transmisi manual, daya dari mesin diteruskan pada roda menggunakan wheel chain. Sedangkan pada transmisi otomatis digunakan v-belt untuk menghubungkan…

a.       Front sprocket & rear sprocket

b.      Secondary sliding sheave & CVT spring

c.       Primary sheave & Secondary sheave

d.      Primary fixed sheave & primary sliding sheave

e.      Clutch harrier & clutch housing

 

35.   Kelebihan utama pada sepeda motor yang menggunakan system pemindah tenaga otomatis diantaranya, kecuali..

a.       Memberikan perubahan kecepatan dan perubahan torsi dari mesin keroda belakang secara otomatis

b.      Perbandingan ratio yang sangat tepat

c.       Dengan sendirinya tidak terjadi hentakan yang biasa timbul pada pemindahan gigi pada mesin konvensional

d.      Pada saat berhenti mendadak kendaraan cenderung menukik kedepan karena gaya kelembaman

Perubahan kecepatan sangat lembut dengan kemampuan mendaki yang baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL PBSM KELAS 12 TBSM (MS.EXCEL)

klik tautan untuk mengunduh soal PBSM dalam format ms excel disini